Bali Motor Tiger Club

Honda Tiger Modifikasi Kaki Gajah

Honda Tiger Modifikasi Kaki Gajah

On October 7, 2016, Posted by , In Informasi,TipsTrik, With No Comments
DK 8080 QB – BMTC#047

HONDA TIGER MODIFIKASI KAKI GAJAH

Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam (Coret yang tidak perlu) heheheheh, apa kabar brader se tanah air. Kali ini admin akan kasih tips dan informasi lagi nih buat para pencinta motor tiger. Meskipun mungkin terbaca basi, tapi moga tetap berguna bagi para pendatang baru. Baiklah, langsung saja.
Seperti yang kita ketahui bersama, sektor kaki pada Honda Tiger aKa GL200 adalah sebuah kelemahan. Bukan masalah cacat atau apa justru kaki-kaki si tigor ini sebenarnya sangat kuat, ya jelas saja karena para master pembuatnya tentu telah memperhitungkan dengan seksama setiap produksi motor tersebut. Namun, untuk segi tampilan, kaki-kaki tigor ini kurang kece dan garang, secara body motor ini segede gaban dengan perpaduan kaki yang cungkring membuat nilai gayanya kurang. Balik lagi ke selera sih, tapi terbukti banyak sekali yang memodif motor tiger kesayangannya di sektor kaki-kaki (Shock, Arm, Velg dan Ban). Karena semenjak diluncurkan pertama kali sekitar akhir 1993 (Jadul kali) si tigor tidak pernah merubah ukuran dan model di sektor kakinya, paling mentok ngerubah dari model tromol ke cakram dan varian jari-jari ke CW. Untuk itu, admin akan berbagi tips dan info memodifikasi kaki-kaki motor tiger kesayangan kita itu. Tentunya hal ini berdasarkan pengalaman pribadi admin sendiri, walaupun tidak terlalu ekstrim tapi kaki motor tiger admin lumayan gede (lihat gambar di atas). Segi gaya dapat, tetap aman, dan bisa dipake touring jauh.
Oke langsung aja, apasih yang mesti dilakukan untuk ganti kaki gajah *eh maksutnya velg tapak lebar.
  1. Beli Velg minimal (2.5″ – 4″) atau (3″ – 4,5″), kalau punya admin sih  (3″ – 4,5″). Kenapa diatas 4inch, ya karena pengen lebar hahahahha. Velg ukuran segitu mampu menampung ban minimal ukuran 150/70/17. Jangan pake ban dibawah ukuran itu, karena akan jadi rendah banget jarak antara velg dan aspal, gak safety dan tentunya berbahaya. Admin sendiri mengaplikasikan velg ukuran 3″ dengan ban 110/70/17 (Depan) dan 4,5″ dengan ban 150/70/17 (Belakang). Nyaman dan sudah terbukti dipake jarak jauh. Untuk pemilihan Racing/Jari-jari, itu jadi selera. Untuk velg Racing harganya sangat terjangkau yaitu dikisaran 1jutaan/set merk V-Rossi, sedangkan velg jari-jari jauh lebih mahal, karena kita harus ngecer dan merakitnya. Tapi banyak kok yang jual sudah jadi dan tinggal pasang, ukuranpun berfariasi dengan harga minimal 2,5 juta/set. So, silahkan tentukan sendiri.
  2. ARM (Opsional) ya admin masukin arm dalam kategori opsional, alias boleh tidak diganti atau tetap menggunakan arm bawaan. Dengan catatan, Velg tidak lebih dari 4,5″ dengan ban tidak lebih dari 180/70/17. Untuk penggantian arm ini, admin saranin menggunakan arm aftermarket moge atau arm kumis, Untuk model sesuai selera. Admin sendiri tidak melakukan perubahan arm, karena velg dan ban masih muat meskipun mepet dan harus membengkang arm agar velg lebar bisa masuk. AS Rodapun admin masih menggunakan original pabrik, meskipun mepet-mepet, kalau pengen lebih srek sih mending diganti AS Roda Kawasaki Ninja 250. atau bisa menyambung as roda di tukang bubut (untuk yang ini mesti dipikir-pikir lagi karena kurang aman).
  3. Gear (Wajib). Wow, ini yang paling penting demi keamanan dalam pengaplikasian velg lebar. Banyak yang menyarankan perubahan ukuran gear karena alasan adanya perubahan ukuran ring roda dari ring 18 ke 17, masuk akal sih demi menjaga performa motor memang sebaiknya dilakukan perubahan pada gir. Sebenarnya ada rumus untuk menghitung ukuran ideal untuk dipadukan antara gear dan roda ring 17, tapi admin takut salah, jadi mending cari sendiri deh. Kalau admin sendiri awalnya tidak merubah gir alias standar, tapi saat gear sudah aus dan waktu penggantian telah tiba, admin putuskan untuk memperkecil ukuran gir, dengan mengganti dengan gir motor Honda Mega Pro (14:42). Dan admin rasain, memang lumayan untuk trek lurus, sedangkan untuk tanjakan, mesin sedikit meraung hehehehe. So, untuk perubahan ukuran silahkan cari kombinasi sendiri. Yang mau admin kasi tau disini adalah pengaplikasiannya yaitu dengan menggendong gear depan (2 in 1 Gear) dan juga gear belakang, agar tidak terjadi gesekan rantai dan ban. Yang perlu disediakan adalah 1 set nap gear depan belakang (Gambar 2). dan juga gear 2 in 1 alias 2 gear yang sudah dilas dan bubut jadi 1 dengan cara menghilangkan mata salah satu gear dan yang lainnya tidak. Lihat gambar 1.
    Gambar 1
    Gambar 2
  4. Lakukan pemasangan dengan benar, usahakan ke bengkel yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya. Kenapa demikian?Karena jika tidak pengalaman akan membuat terjadi banyak masalah dan membuat anda bolak balik ke bengkel. Hal itu akan berimbas pada dompet yang makin menipis hehehehe.
Nah itu dia tips dari admin kali ini, meskipun tipsnya singkat tapi mudah mudahan bermanfaat buat anda yang ingin merubah kaki tunggangannya. Oh iya, admin gak berpengalaman ganti Shock depan si tigor, tapi teman-teman banyak yang menggunakan Original shock Yamaha Byson yang memiliki diameter lebih besar dari tiger, admin rasa mirip dengan shock dari suzuki bandit, Lagi-lagi admin saranin, usahakan menggunakan shock ori jangan yang KW, rawan bocor di sealnya. dan jika memiliki dana lebih, aftermarket jadi pilihannya. Limbah moge bro, apalagi menggunakan USD dari motor besar eropa akan membuat si honda tiger jadi garang.
Sekian dulu dari admin, kalau informasinya kurang jelas mohon maaf dan pesen admin. Modifikasi itu sah-sah saja, asalkan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, dalam artian perhatikan faktor keselamatan dalam modifikasi.
Bonus FOTO :
Gear depan Tigor Admin
Tampak belakang Tigor Admin

 

Salam hangat,
Nano BMTC#047

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: