Bali Motor Tiger Club

Merawat Jaket Kulit Anda

Merawat Jaket Kulit Anda

On January 30, 2012, Posted by , In Informasi,TipsTrik, With No Comments

Salam brotherhood,
Dalam dunia motor ataupun fashion tentunya Jaket Kulit sudah sangat terkenal, baik difungsikan sebagai pelindung diri dari angin maupun untuk dukungan style. Saat ini jaket kulit sangatlah bermacam-macam jenis dan tipenya. Khususnya para bikers biasanya memakai jaket kulit untuk mempernyaman dalam berkendara dan tentunya untuk fashion yang lebih menegaskan karakter. Jaket kulit biasanya terbuat dari kulit domba atau kulit sapi, dari kedua jenis itupun masih banyak lagi jenisnya. Bila anda memakai jaket kulit untuk berkendara sebaiknya pilih yang kulit sapi karena lebih tebal dari kulit domba, namun jika pemakaian untuk fashion sebaiknya pilih kulit domba karena lebih lembut dan cocok untuk fashion. Saya tidak akan membahas mengenai jenis bahan kulit yang dipakai, tetapi saya akan memberi tips merawat jaket kulit anda. Biasanya para bikers malas sekali menggunakan jas hujan ketika hujan. Sebenarnya tidak disarankan jaket kulit terkena hujan langsung karena jika terus menerus terkena hujan maka kulit akan kaku dan pecah-pecah. Untuk itu saya akan menyarankan beberapa tips yang sudah saya pakai selama ini.

Berikut ini adalah 10 Tips dari pengalaman sendiri, silahkan disimak :
1. Jaket kulit tidak disarankan terkena air hujan, namun juga tidak haram terkena hujan hehehhehe? lalu bagaimana caranya?ketika jaket terkena air hujan atau abis dipakai mandi hujan segeralah gantung jaket di tempat terbuka yang udaranya mengalir alami (tidak dijemur dan diperas).
2. Jaket tidak dijemur karena akan menyebabkan keringnya kulit, kalo terpaksa dijemur lebih baik dibalik terlebih dahulu dengan bagian dalam diluar.
3. Jaket tidak dicuci dengan deterjen, karena kandungan dalam deterjen bisa membuat jaket kaku dan kering.
4. Perawatan rutin jaket sebaiknya sebulan sekali meskipun jarang dipakai.
5. Lembabkan jaket dengan lotion khusus kulit (bukan handbody ataupun minyak bayi) karena itu untuk kulit hidup, sedangkan ini adalah kulit yang sudah tidak memiliki jaringan. Saya sarankan memakai leather lotion yang biasa dipakai untuk dashbord ataupun jok mobil. Misalkan produk dari KIT seperti ini

6. Penggunaan leather care itu juga saat setelah jaket dipakai hujan-hujanan, begitu jaket sudah tidak basah dan mengering sebaiknya gunakan leather care sebelum dipakai agar tidak pecah-pecah.
7. Jaket tidak dibungkus ataupun disimpan dalam lemari karena akan menyebabkan berjamur/jamuran.
8. Seandainya jaket kulit anda terlanjur jamuran sebaiknya segera dibersihkan dengan kain yang lembut, bisa memakai kanebo. Kemudian oleskan leather care, dan menurut pengalaman saya leather care ini juga tidak menyebabkan jamuran.
9. Jaket kulit yang sudah lama warnanya akan memudar karena kulit diwarnai, anda bisa membawanya ke tempat pembuatan jaket kulit untuk diwarnai lagi.
10. Tempat jaket kulit (centra pembuatan jaket kulit) yang saya tahu adalah di garut, silahkan anda kunjungi dan pilih sendiri bahannya.

Demikian tips dari saya untuk anda para pencinta jaket kulit, jika anda mengikuti tips diatas dengan baik dan benar insyaalah jaket anda akan aman dan awet dipakai, tentunya akan tetap gaya….

Denpasar, January 31, 2012
Written by aNno BMTC-047

No Comment so far:

  1. wahh, aku bisa coba nih, izin copas pak admin, thanks ya, moga makin berkah nih hidupnya.

  2. Makasih admin, info ini manfaat banget buat gue, boleh berbagi/copas nih pak admin, BRAVO….

  3. Thanks bro atas kunjungannya. silahkan di share agar yang lain juga bertambah ilmunya 🙂

  4. Anonim says:

    wah,,berguna bgt infonya.. ijin copas brur.. tq

  5. Fista Kulit says:

    infonya lengkap gan,

    fista-kulit.blogspot.com

  6. sekedar menambahkan bro pakai itu juga jangan terlalu sering karena itu cocok buat kulit sapi berbeda dengan kulit domba ataupun kambing,trim admin

  7. thanks masukannya bro, semoga bermanfaat bagi kita semua.. salam!

  8. terimakasih kunjungannya gan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: