Bali Motor Tiger Club

Tips Merawat Honda Tiger Kesayangan

Tips Merawat Honda Tiger Kesayangan

On October 11, 2014, Posted by , In Informasi,TipsTrik, With No Comments
Salam BMTC, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana merawat tunggangan agan semuanya, terutama Honda Tiger. Sebenarnya perawatan rutin motor tiger tidak lah susah cukup melakukan hal rutin seperti berikut yang akan saya jabarkan :
  1. Mengganti oli (Tap Oli) secara rutin dan berkala, penggantian oli motor adalah hal utama yang paling harus dilakukan oleh agan. Mengapa?Karena oli merupakan pelumas yang dibutuhkan oleh tunggangan kita agar performanya selalu dalam kondisi prima. Pelumas ini berfungsi agar gesekan yang ada di mesin dapat diredam sehingga mesin akan terjaga dari kerusakan. Penggantian oli dimaksudkan karena tak selamanya oli dalam keadaan baik digunakan, dan volume oli akan terus berkurang karena pemakaiannya. Oleh sebab itu penggantian oli sangat penting dilakukan, biasanya saya pribadi mengganti oli setiap 2000KM atau 2bulan sekali jika dihitung rata-rata penggunaan normal. Tergantung mana dulu yang tercapai, kilometer atau bulan. Dan sangat penting untuk tidak mengganti-ganti merek dan jenis oli, karena karakter oli berbeda-beda sehingga jika sering gonta – ganti dapat menyebabkan mesin akhirnya kalah dan rusak. (Teori saya) dan memang sering terjadi, kalau saya menggunakan oli dengan SAE/Kekentalan 20/50 yang memiliki kekentalan yang lumayan dan tidak terlalu encer, baik untuk penggunaan touring / harian.
  2. Service Karburator, perawatan di bagian karburator ini tidak harus sering dilakukan. Jika setting karburator sudah dirasa nyaman maka tidak perlu diutak-atik lagi karena jika sering disetel akan merusak penyetel karburator yang mengakibatkan setelan berubah-ubah karena longgar. Perawatan karburator biasanya adalah membersihkannya dengan cara dibongkar dan dibersihkan dengan bensi. Namun tidak perlu selalu dilakukan, bisa dilakukan 3-6bulan sekali.
  3. Cek Busi, melakukan pengecekan busi sangatlah penting karena busi merupakan komponen yang berfungsi untuk suplay pengapian di mesin. Jika pengapian tidak lancar makan akan berpengaruh pada mesin misalnya terjadi ledakan dikenalpot atau motor susah untuk dihidupkan. Untuk itulah busi perlu di cek dan dibersihkan menggunakan amplas agar bersih dan pengapian tidak terhambat oleh kotoran.
  4. Cek Keadaan ACCU, accu alias aki merupakan komponen yang tak kalah penting, sebab aki merupakan penyuplay listrik untuk lampu-lampu dan starter elektrik motor dan juga klakson. Jika aki rusak maka akan mempengaruhi laiinya, alias merembet menyebabkan kerusakan lain. Sebaiknya setiap ganti oli tidak ada salahnya mengecek keadaan aki, jika posisi air aki berada di posisi Lower segera ditambah untuk menghindari kerusakan aki. Kerusakan aki biasanya ditandai dengan menghitamnya cell yang ada pada aki. Jika hal itu terjadi maka agan perlu merogoh kocek untuk membeli aki baru.
  5. Cek Keadaan Rantai, Rantai yang merupakan penggerak roda dari mesin sangatlah penting untuk selalu dicek, baik pelumasan di bagian rantai ataupun pengecekan tingkat kekendoran rantai. Jika rantai terlalu kendor sebaiknya segera dilakukan penyetelan dengan cara melonggarkan baut as roda dan memutar baut penyetel di kanan dan kiri arm. Penyetelan rantai tidak boleh terlalu kencang dan tidak terlalu kendor, diatur supaya ada spare ketika posisi motor dinaiki rantai akan otomatis meregang kencang, jika terlalu kencang maka akan membuat rantai cepat putus. Untuk itu perlu penyetelan dengan benar.
  6. Cek Baut-Baut, hal ini dutujukan untuk keamanan pengendara, sebab jika ada baut yang kendor mungkin bisa membahayakan pengendara tersebut. Baut as roda, arm, dan stang perlu untuk dicek jika longgar agar segera dikencangkan kembali. 
Demikian tips yang dapat saya share untuk agan-agan penunggang Honda Tiger ataupun motor-motor lain, sangat simple namun kadang lupa dilakukan. Semoga tips ini bisa membatu agan mengingat dan menjaga performa tunggangan agan. Saya pribadi melakukan hal-hal diatas dan Alhamdulilah kondisi motor saya sangat fit meskipun sering touring jauh dan kilometer sudah kembali ke posisi 0KM, sekarang sudah 2000++ lagi dalam kurun waktu dari Oktober 2009 sampai sekarang, Belum pernah turun mesin ataupun mengalami kerusakan di mesin. Semoga bermanfaat dan goodluck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: