Bali Motor Tiger Club

Berkendara Dengan Aman, Safety Riding First

Berkendara Dengan Aman, Safety Riding First

On February 15, 2018, Posted by , In Informasi,TipsTrik,Touring, With No Comments

Safety Gear

Hola BroSis, dah lama nih admin gk berbagi informasi. Berbagai kesibukan pekerjaan jadi alasan klasik yang selalu disampaikan pada akhirnya hehehehe.

Untuk sekedar mengisi kekosongan, admin mau berbagi info dan sedikit tips nih. Tentunya seputaran kendaraan roda dua khususnya Honda Tiger. Karena mengendarai motor itu tidak boleh disepelekan, jadi BroSis wajib tau beberapa hal berikut. Khususnya bagi BroSis yang suka touring jelajah kota dan provensi.

Berkendara dengan aman alias safety riding adalah slogan yang sudah lama disosialisasikan oleh Dirlantas Kepolisian Republik Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka kecelakaan yang setiap tahun terus meningkat, karena faktor penyebab kecelakaan 80% diakibatkan oleh kelalaian pengendara (human error) dan kurangnya kesadaran keselamatan dalam berkendara.

Jadikan keselamatan dalam berkendara sebagai prioritas utama

Mengoperasikan sepeda motor membutuhkan keahlian yang berbeda dari pada mengendarai mobil. Namun, hukum lalulintas berlaku untuk keduanya. Kombinasi antara pendidikan yang konsisten, menghormati aturan lalu lintas dan menggunakan akal sehat dapat membantu mengurangi jumlah korban tewas yang terkait dengan kecelakaan sepeda motor setiap tahunnya.

Penting untuk memahami beberapa tip keselamatan dalam mengendarai sepeda motor untuk memastikan perjalanan BroSis menjadi aman. Ikuti tips berikut, dan pastikan BroSis sudah melakukannya jika belum :

#1. Gunakan Helm dengan Pelindung Wajah atau Mata

Mengenakan helm adalah cara terbaik untuk melindungi diri dari cedera kepala yang parah. Seorang pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm lima kali lebih mungkin mengalami cedera kepala yang kritis dan dapat membahayakan nyawanya.

#2. Gunakan Perlengkapan Yang Sesuai dan Aman

Pastikan memakai perlengkapan pelindung dan pakaian yang akan meminimalkan jumlah luka jika terjadi kecelakaan atau selip. Mengenakan pakaian kulit, sepatu bot, dan sarung tangan dapat melindungi tubuh BroSis dari luka parah. Pertimbangkan untuk menambahkan pita reflektif yang memantulkan cahaya jika tersorot lampu agar pengemudi lain dapat melihat keberadaan dan posisi BroSis saat kondisi gelap.

#3. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Mematuhi aturan lalu lintas salah satunya adalah menjaga kecepatan laju kendaraan BroSis, Selain itu jangan pernah menerobos traffic light demi keamanan BroSis dan pengendara lain. Ingatlah kecelakaan hampir selalu diawali oleh pelanggaran lalu lintas.

#4. Berkendara Dengan Hati-Hati

Jangan berasumsi bahwa seorang sopir dapat melihat BroSis, karena hampir dua pertiga dari semua kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh pengemudi yang melanggar hak pengendara lain. BroSis harus selalu waspada dan konsentaris saat berkendara. Jauhi titik buta pengemudi, berikan sinyal atau sign jauh sebelum berubah arah atau berpindah jalur, dan pastikan kondisi sepi dan amat untuk berputar arah.

#5. Pastikan Lulus Uji SIM

Ujian praktek saat mengajukan kepemilikan SIM (Surat Ijin Mengemudi) adalah waktu dimana BroSis diuji apakah layak untuk berkendara, pastikan BroSis melaluinya dengan benar dan yakin akan keterampilan berkendara yang BroSis miliki. Bukan malah melakukan tindakan curang demi mendapatkan SIM tanpa memikirkan skill berkendara. Ingatlah hal ini untuk keselamatan BroSis sendiri dan juga orang disekitar.

#6. Berkendara Dalam Kondisi Kesadaran Penuh

Jangan melakukan perjalanan atau berkendara saat kesadaran sedang terganggu atau habis mengkonsumsi alkohol. Selain membahayakan diri sendiri, hal ini juga membahayakan pengendara lain. Kondisi badan yang kelelahan dan kurang fit juga dapat mempengaruhi reaksi dalam menghadapi situasi di jalan. Jadi pastikan BroSis untuk beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan.

#7. Persiapan Sebelum Berkendara

Lakukan persiapan sebelum berkendara, cek kondisi badan dan staminan BroSis. Selain itu periksa kondisi kendaraan BroSis, jika ada yang tidak beres sebaiknya tunda perjalanan dan lakukan perbaikan. Pastikan perjalanan aman tanpa trouble di jalan.

  • Cek Ban : Pastikan ban dalam kondisi siap untuk perjalanan, tidak ada benjolah dan memiliki grip yang baik.
  • Cek Suspensi : Pastikan suspensi motor bekerja dengan baik agar perjalanan nyaman dan tidak mengalami masalah
  • Cek Tangki Bahan Bakar : Pastikan tangki bahan bakar tidak bocor dan memiliki Bahan bakar yang cukup sampai ke pompa pengisian berikutnya.
  • Cek Rem : Pastikan pengereman kendaraan bekerja maksimal tanpa celah sedikitpun, karena bagian ini adalah yang paling vital.
  • Cek Oli Mesin : Pastikan mesin motor mendapatkan pelumasan yang baik, jangan sampai oli mesin motor habis atau mesin akan rusak.
  • Cek Klakson dan Lampu Sign : Pastikan klakson dan lampu sign motor menyala dan berfungsi dengan baik. Hal ini demi memberikan sign atau tanda pada pengendara lain

 

Itulah beberapa tips yang admin bisa berikan untuk Brosis pembaca setia Blog BMTC Macan Bali. Semoga bisa menginspirasi BroSis dalam berkendara. Selalu tanamkan dalam diri, Keselamatan dalam berkendara bukan hanya sekedar slogan, tapi suatu kewajiban.

#HormatiPengendaraLain
#BijakBerkendara
#SafetyRiding
#BerkendaraSehat
#BerkendaraAman
#UtamakanKeselamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: